TULISAN ALDA

Kamis, 30 Desember 2010

Kapasitas koperasi diharapkan meningkat

Ketua Koperasi Nasari Semarang Sahala Panggabean, peraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan pada Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2010, 14 Juli di Surabaya memiliki misi meningkatkan kapasitas seluruh koperasi di Indonesia.
“Saya ingin agar setiap koperasi bisa berprestasi optimal untuk menjadi motor penggerak kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujar Sahala Panggabean kepada Bisnis, hari ini melalui hubungan seluler di Surabaya.
Misi tersebut sejalan dengan rencana pembangunan pemerintah untuk menjadikan koperasi, termasuk koperasi simpan pinjam (KSP) sebagai sarana untuk mendorong peningkatan perekonomian pada komunitas masyarakat paling bawah.
Itu sebabnya Sahala Panggabean mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh masyarakat dan manajemen koperasi secara khusus. “Di manapun mereka berada, penghargaan ini adalah kebanggaan bagi KSP,” tandas Panggabean.
Mantan karyawan perbankan tersebut mengemukakan penghargaan ini dinilai sudah layak, karena sejak 12 tahun lalu mendirikan KSP Nasari, dan berkantor pusat di Semarang, telah mampu membangun jaringan layanan kepada masyarakat Indonesia.
Saat ini jumlah kantor cabang Nasari di seluruh Indonesia sudah mencapai 22 unit. Meski jasa layanan Nasari lebih fokus terhadap para pensiunan PNS, Polri, dan TNI AD serta pensiunan, namun dianggap telah mampu menjadi stimulan pergerakan ekonomi lokal.
“Jumlah koperasi di seluruh Indonesia memang sangat besar, mencapai 170.000 lebih, akan tetapi kami mengakui jika belum seluruhnya memiliki layanan secara profesional. “Secara pribadi saya ingin mendorong mereka agar bisa menjadi mitra bagi masyarakat maupun pelaku usaha mikro dan kecil,” ungkap Sahala Panggabean.
Sumber: daring Bisnis.com 16 Juli 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar