TULISAN ALDA

Sabtu, 09 April 2011

Louboutin Tuduh YSL Meniru Sepatu Sol Merahnya

Tentu, tidak ada orang yang senang bila hasil karyanya ditiru. Apalagi bila karya tersebut mempunyai ciri khas yang membuatnya dikenal banyak orang. Nah, kita-kira seperti itulah yang dirasakan oleh Christian Louboutin, perancang sepatu yang terkenal dengan sol berwarna merah.
Pria asal Perancis ini sekarang sedang mengajukan tindakan hukum untukmencoba menghentikan butik Yves Saint Laurent America menjual platform dengan sol merah yang hampir identik dengan rancangannya. Sepatu YSL ini dijual di toko-toko fashionable di New York yang juga menjual koleksi Louboutin.

Louboutin berusaha menuntut lebih dari 1 juta dollar di pengadilan federal Manhattan, dengan tuduhan melanggar trademark dan memalsu fitur paling istimewa dari rancangan sepatu yang diciptakannya sejak 1992 itu.

"Mr Louboutin adalah desainer pertama yang mengembangkan ide memakai sol merah pada sepatu wanita. Lokasi dari warna terang pada sol bagian luar pumps tersebut dimaksudkan untuk memberikan kilatan warna merah yang memikat ketika seorang wanita berjalan di jalanan, atau di karpet merah sebuah acara khusus," begitu antara lain isi tuntutan hukumnya.

Louboutin mengklaim bahwa penjualan sepatu "bajakan" YSL di toko-toko eksklusif di Manhattan, seperti di Saks Fifth Avenue, Barneys, dan Bergdorf Goodman, "Telah menyebabkan kebingungan, kesalahan, dan penipuan di kalangan masyarakat yang membelinya."

Setidaknya, menurut Louboutin, ada empat desain YSL yang meniru sol merahnya. Ia meminta pengadilan memerintahkan kompetitornya ini untuk berhenti memroduksi desain yang serupa. Sementara ini, pihak rumah mode YSL (kini dimiliki oleh Gucci) belum berkomentar mengenai tuntutan hukum ini.


Sumber: The Daily Mail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar